No image available for this title

Text

OPTIMALISASI KEGIATAN BONGKAR MUAT DILOKASI PENGEBORAN MINYAK LEPAS PANTAI MILIK PERUSAHAAN MINYAK IRAN PADA KAPAL PSV. SHARIEF POWER



PSV (Platform Supply Vessel) adalah kapal yang dirancang khusus untuk supply oil platform lepas pantai. Ukuran kapal ini panjangnya 50 sampai 100 meter dan dapat melakukan berbagai tugas. Fungsi khusus kapal ini support logistic dan transportasi barang-barang, peralatan, perlengkapan dan personel ke dan dari oil platform lepas pantai dan dari structure platform lainnya. Dengan dasar ini penulis merumuskan masalah tentang kendala-kendala yang dihadapi dalam mengoptimalkan keselamatan crew kapal dalam kegiatan bongkar muat di lokasi pengeboran minyak lepas pantai serta upaya untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dalam mengoptimalkan keselamatan crew kapal dalam kegiatan bongkar muat agar dalam pekerjaan bongkar muat dapat berjalan lancer dan aman.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah berdasarkan pengalaman pribadi selama bekerja diatas kapal PSV. Sharief Power dan wawancara terhadap crew kapal mengenai kendala-kendala yang dihadapi selama melakukan kegiatan bongkar muat dilokasi pengeboran.
Pada hasil penelitian ditemukan beberapa kendala, antara lain: penggunaan PPF, kurang maksimal, crew yang bekerja kurang terampil, komunikasi tidak berjalan efektif, keadaan laut tidak mendukung, pemeriksaan peralatan kurang intensif. Pembahasan dalam upaya mengatasi kendala yang dihadapi adalah melengkapi PPE pada crew, meningkatkan keterampilan crew yang bekerja, menggunakan radio dan komunikasi yang baik, meningkatkan pengawasan keadaan laut, melakukan pemeriksaan peralatan sebelum digunakan dan tak lupa selalu melaksanakan TOOL BOX meeting sebelum kegiatan dilaksanakan.
Maka dapat disimpulkan bahwa ada lima poin kendala yang ditemukan oleh penulis dalam penelitian terhadap optimalisasi keselamatan crew kapal dalam kegiatan bongkar muat di lokasi pengeboran minyak lepas pantai pada kapal PSV. SHARIEF POWER serta ada lima upaya untuk mengatasi kendala tersebut. Saran penulis adalah prosedur bongkar muat yang sudah ditetapkan harus dilaksanakan dengan baik dan meminimalkan setiap hambatan atau kendala-kendala yang sering terjadi sehingga keselamatan crew kapal dalam kegiatan bongkar muat dapat terjamin dan optimal, sehinggal dalam kegiatan bongkar muat di lokasi pengeboran minyak lepas pantai dapat berjalan dengna lancer dan aman serta semua upaya yang akan dilakukan akantercapai optimal apabila adanya kesadaran dari seluruh crew kapal dan kemauan untuk menjadi lebih baik algi sebagai crew kapal yang professional.


Ketersediaan

M20160134N.M 623.82 NUR o C.1 2016Perpustakaan PIP SemarangTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
623.82 NUR o
Penerbit Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang : Semarang.,
Deskripsi Fisik
vii, 17 hlm.; ilus.; 30cm.
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
623.88
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this