No image available for this title

Text

PENGARUH GANGGUAN TURBOCHANGER TERHADAP PEMBAKARAN MESIN INDUK DI MT. HYACINTH



Pada dasarnya sumber tenaga motor diesel diatas kapal adalah berasal dari pembakaran. Dan tenaga ini berasal dari campuran bahan bakar dan udara yang ada di dalam ruang bakar. Untuk menghasilkan pembakaran yang maksimal dan sempurna salah satu aspek yang sangat penting adalah tersedianya berat udara pembakaran yang cukup dalam silinder. Salah satu bagian motor induk yang terkait langsung dan berfungsi sebagai pompa udara dalam proses pembakaran adalah turbo changer.
Dalam mempermudah pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa teknik antara lain ; metode observasi, dimana penulis melihat dan mengamati serta terjun langsung dalam proses perawatan terhadap gangguan-gangguan yang timbul pada turbochanger. Penulis juga melakukan wawancara dengan masinis datu selaku penanggung jawab motor diesel utama. Sebagai panduan penulis mengambil dari berbagai sumber buku, instruction manual book dan buku panduan lain.
Dalam pemaparan skripsi ini, agar lebih terarah dan terfokus yang lebih detail, maka permasalahan dapat dirumuskan sebagai berikut :
1. Faktor-faktor apa yang menyebabkan gangguan turbochanger pada mesin induk?
2. Apa pengaruh dari gangguan turbochanger terhapad pembakaran mesin induk?
Bagaimana upaya yang harus dilakukan untuk mengatasi gangguan turbochanger pada mesin induk?
Perumusan tersebut diatas agar lebih selektif, berjenjang serta sesuai dengan makna, maka perlu penganalisaan. Adapun analisanya adalah sebagai berikut :
1. Terjadinya pembakaran yang kurang sempurna karena kurangnya udara pembakaran, yang dapat dilihat melalui asap dari cerobong.
2. Kotornya saringan udara, turbin side, blower side dan nozzle ring dari turbochanger.
3. Upaya untuk mengatasi gangguan dari turbochanger pada mesin induk.
Pada saat pembahasan masalah, muncul ide-ide sebagai upaya dalam menyelesaikan permasalahan-permaslahan yang terjadi. Adapun solusinya dapat dijabarkan sebagai berikut :
1. Melakukan perawatan serta pembersihan terhadap filter udara, turbin side, blower side dan nozzle ring sesual dengan instruction manual book guna mencegah terjadinya gangguan-gangguan pada turbochanger mesin induk
2. Melakukan pengoperasian serta perawatan harus sesuai dengan instruction manual book.
3. Melakukan perawatan secara terencana dan teratur sesuai dengan yang tertulis di dalam instruction manual book.
Dari setiap tahapan yang telah dijalani maka melalui skripsi ini dapat disarankan agar dapat terjadi pembakaran pada mesin diesel utama secara terencana, teratur sesuai dengan jam kerjanya, serta berdasarkan panduan instruction manual book.


Ketersediaan

S20130012`T.S 621.43 MOC p C.1 2013Perpustakaan PIP SemarangTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
621.43 MOC p C.1
Penerbit Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang : Semarang.,
Deskripsi Fisik
xii; hlm. 54; 30cm; ilus
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
621.43
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this