No image available for this title

Text

PENINGKATAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DI KAPAL MV. HADI 9 DENGAN MODEL KNOWLEDGE, SKILL, ATTITUDE (KSA)



Sumber daya manusia (SDM) adalah salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kelangsungan perusahaan dalam dunia pelayaran. Dalam hal ini, Anak buah kapal (ABK) berhak mendapatkan perlindungan atas keselamatannya dalam melakukan pekerjaannya di atas kapal. Bekerja di atas kapal supply seperti di kapal MV Hadi 9 memiliki resiko kecelakaan yang tinggi. Banyak kecelakaan di atas kapal yang disebabkan kurangnya pengetahuan, keterampilan dan kedisiplinan ABK.
Penulisan makalah ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keselamatan dan kesehatan kerja di kapal MV. Hadi 9, serta untuk menghasilkan model upaya yang dapat digunakan dalam peningkatan keselamatan dan kesehatan kerja di Kapal MV Hadi 9.
Berdasarkan penerapan di lapangan, dihasilkan model KSA (Knowledge, Skill, Attidude) yang relevan untuk diterapkan di kapal MV Hadi 9 untuk meningkatkan keselamatan dan kesehatan kerja. Untuk mengatasi masalah pengetahuan dan pengalaman awak kapal, setiap ABK diharuskan memiliki pendidikan pelaut mengenai keselamatan dan kesehatan kerja, diadakan familiarisasi yang cukup bagi awak kapal baru serta diadakannya PSSR dan pertemuan rutin seperti Toolbox meeting dan Safety Meeting. Dan untuk meningkatkan keterampilan/kemampuan awak kapal, perlu diadakan latihan dan penyuluhan khususnya dalam hal keselamatan dan kesehatan kerja. Serta untuk meningkatkan kedisiplinan awak kapal, perlu diadakan peningkatan kesadaran etos kerja awak kapal mengenai pentingnya K3 jangka panjang, diadakan pengawasan oleh pimpinan dan ada teguran dan sangsi yang tegas bagi yang melanggar peraturan.


Ketersediaan

M20150465M 363.1 EKA p C.1 2015Perpustakaan PIP SemarangTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
363.1 EKA p
Penerbit Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang : Semarang.,
Deskripsi Fisik
viii, 66 hlm.; ilus.; 30 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
363.1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this