No image available for this title

Text

FAKTOR PENYEBAB MENURUNNYA PRODUKSI UAP PADA KETEL UAP BANTU DI KAPAL MT. WIDAWATI



Ketel uap air merupakan salah satu pesawat panas yang mempunyai peranan penting untuk kelancaran pengoperasian kapal. Ketel uap yang sering dijumpai terbagi menjadi ketel uap pipa api dan ketel uap pipa air. Dewasa ini ketel uap pipa air lebuh banyak digunakan dari pada ketel uap pipa api karena perawatan yang lebuh mudah dan mempunyai efisiensi yang tinggi. Oleh sebab itu ketel uap air perlu dirawat dengan baik, hal ini akan berpengaruh terhadap produksi dan kualitas uap yang dihasilkan.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai bahan pemikiran dan masukan bagi para pembaca agar lebih mengerti dan menyadari bahwa perawatan air ketel sangat penting sekali bagi kelancaran pengoperasian ketel uap bantu. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan di obyek yang diteliti adalah ketel uap bantu yang berada di dalam kamar mesin. Dimana penulis mengumpulkan data-data yang ada di atas kapal dan buku-buku yang menunjang, serta wawancara dengan pihak-pihak terjait pada penelitian ini. Kerak yang terjadi dalam pipa-pipa air akibat dari komponen garam pembentuk kerak yang masih larut dalam air pengisi yang mengakibatkan berkurangnya penyerahan panas sehingga menganggu kelancaran kerja dari ketel uap.
Jadi untuk mencegah gangguan akibat kerak maka diadakan pemeriksaan atau pengetesan air pengisi ketel dengan teratur menurut buku manual terhadap komponen pembentuk kerak dan penambahan bahan kimia untuk melunakkan komponen tersebut. Apabila terjadi kerak maka segera dibersihkan dan diganti dengan air pengisi ketel yang baru.


Ketersediaan

S20130006T.S 621.1 DAN f C.1 2013Perpustakaan PIP SemarangTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
621.1 DAN f
Penerbit Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang : Semarang.,
Deskripsi Fisik
xi; hlm 51; p 30cm; ilus
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
621.1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this