No image available for this title

Text

ANALISIS PENYEBAB DAN PENANGGULANGAN TENGGELAMNYA KM.AMMANA GAPPA DISEBELAH BARAT TANJUNG BANGKAS MAMUJU TAHUN 2010



KM. AMMANA GAPPA bertolak dari pelabuhan Lok Tuan Bontang Kalimantan Timur dengan tujuan pelabuhan Soekarno Hatta pada tanggal 4 maret 2010 pukul 15.00 waktu Indonesia bagian tengah (WITA) dengan kecepatan rata-rata 5-6 knot serta membawa muatan sebanyak 3688 ton atau 73760 karung pupuk urea jenis prill coated. Pada tanggal 6 Maret 2010 pukul 04.15 disekita 30 NM sebelah barat Tanjung Rangkas Sulawesi Barat, mualim jaga bersama jurumudi dan serang selanjutnya mengadakan pemeriksaan kondisi kapal dan melaporkan ke Nahkoda. Kapal mulai miring kiri hingga lima derajat, mualim satu menemukan kebocoran pada ruang muat bagian depan setinggi kurang lebih 30 cm dari papan celling plat tank top. Nahkoda mengambil alih kendali kapal dan memerintahkan crew mesin untuk melakukan pemompaan air laut yang telah masuk ditanki ballast no.1 kiri dan ruang muat bagian depan, serta juga memerintahkan mematikan mesin induk pukul 11.00 WITA kemiringan kapal mencapai 25 derajat. Nahkoda memerintahkan anak buah kapal untuk abandon ship. Kemiringan kapal terus bertambah hingga pada pukul 12.00 WITA kapal sepenuhnya tenggelam pada posisi 02040,63 LS / 118022,65 BT pada kedalaman kurang lebih 2000 m. Semua awak kapal selamat dan mendapatkan pertolongan evakuasi dari kapal KM. Neptunus XI kepelabuhan Soekarno Hatta Makassar Sulawesi Selatan dibantu dengan kapal Basarnas.


Ketersediaan

M20160150N.M 363.125 ADI a C.1 2016Perpustakaan PIP SemarangTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
363.125 ADI a
Penerbit Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang : Semarang.,
Deskripsi Fisik
vi, 13 hlm.; ilus.; 30 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
363.125
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this