Image of Masa Depan Peradilan Menurut Sains Dan Teknologi

Text

Masa Depan Peradilan Menurut Sains Dan Teknologi



Sistem peradilan di Indonesia sudah ada sejak zaman penjajahan hingga pada saat ini, masa reformasi. Sistem peradilan ada guna menjaga keseimbangan tatanan baik sosial, budaya, dan aspek lainnya di tengah masyarakat. Dasar hukum sistem peradilan di Indonesia terdapat dalam pasal 24 Undang-Undang Dasar 1945 dan pasal 1 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2009 Tentang Kekuasaan Kehakiman. Peradilan adalah sebuah proses yang dijalankan di pengadilan. Proses ini berhubungan dengan tugas memeriksa, memutus, dan mengadili perkara dengan menerapkan hukum.

Buku berjudul Masa Depan Peradilan Menurut Sains Dan Teknologi ini meninjau masa depan peradilan di Indonesia. Pendekatan dalam buku ini menggunakan dan pendekatan yaitu pendekatan sains dan teknologi. Sains yang dimaksud adalah sains kasar (hard science) seperti biologi, fisika, kimia, geologi dan lain lain. Sedangkan pendekatan teknologi yang dimaksud meliputi teknologi informasi, algoritma dan kecerdasan buatan (artificial intelligence).

Mengapa penulis menggunakan dua pendekatan tersebut? Karna penulis optimis bahwa hanya sains dan teknologi yang mampu membangun masa depan peradilan yang lebih canggih dan modern bukan ilmu lainnya. Perkawinan antara sain dan teknologi melahirkan kekuatan manakjubkan dalam melahirkan sebuah inovasi baik dalam birokrasi kinerja maupun layanan publik yang tak pernah disaksikan sebelumnya. Kedua pendekatan tersebut sarat metode ilmiah dan tahapan pembuktian serta observasi yang ketat sehingga menghasilkan kesimpulan fungsional, terbuka dan soliter.


Ketersediaan

P016930789U 340 AHM m C.1Ruang Sirkulasi Perpustakaan PIP SemarangTersedia
P016930790U 340 AHM m C.2Ruang Sirkulasi Perpustakaan PIP SemarangTersedia
P016930791U 340 AHM m C.3Ruang Sirkulasi Perpustakaan PIP SemarangTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
U 340 AHM m
Penerbit UII Press : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
xi, 160 hlm.; 15x23 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-6572-50-4
Klasifikasi
340
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this