Image of Ketika Dinding Sekolah Mendengar

Text

Ketika Dinding Sekolah Mendengar



Buku Ketika Dinding Sekolah Mendengar

Guru itu berkata dengan nada tinggi, “Murid di kelompok ini bodoh-bodoh!” demikian ucapan beliau di depan murid-murid. Aku yang waktu itu masih murid sekolah dasar sudah pasti bergeming, ketakutan, diam, tak bergerak sedikitpun, dan tak dapat mengelak, terutama sebagai anggota kelompok ‘bodoh’ itu. Di benakku, sosok guru adalah sosok yang berwawasan luas dan tak henti-hentinya memberi ilmu. Tapi, bunda berpendapat lain bahwa sosok guru itu sebagai pengajar dan juga pendidik. Mengajari murid-muridnya agar pandai itu ‘pengajar’, sedangkan menyemangati, mendukung, memberi nasihat, memberi contoh, dan menghibur… itu ‘pendidik’.

Guru, tokoh panutan baru dari murid. Banyak dijumpai seorang murid lebih percaya kepada guru dibandingkan dengan orang tuanya sendiri, terutama bagi murid SD yang baru memulai kehidupan baru di sekolah. Memang, ada juga murid kelas 1 di sekolah dasar dihinggapi rasa takut untuk memulai langkah baru di sekolahnya. Bertemu dengan guru yang merupakan wajah baru bagi dirinya. Tidak jarang dia menangis, kemudian berteriak memanggil ibunya. Tetapi, selang beberapa waktu, murid-murid SD mulai senang dan betah di sekolah. Kuncinya… guru ‘menyayangi’ murid.

Ketika Dinding Sekolah Mendengar adalah catatan yang terjadi di balik dinding sekolah. Kerinduan murid akan perlakuan ‘nyaman’ dari gurunya, akan tetapi yang didapat perilaku guru dan juga kawan-kawannya yang jauh dari harapan, bahkan di antaranya menjadi sumber perundungan. Buku ini ditulis dari pengalaman, penglihatan, dan pendengaran dari penulis sendiri.


Ketersediaan

P016930817U 899.221 SYI k C.1Ruang Sirkulasi Perpustakaan PIP SemarangTersedia
P016930818U 899.221 SYI k C.2Ruang Sirkulasi Perpustakaan PIP SemarangTersedia
P016930819U 899.221 SYI k C.3Ruang Sirkulasi Perpustakaan PIP SemarangTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
U 899.221 SYI k
Penerbit Deepublish : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
xxvi, 165 hlm.; 13,5x20 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-02-1979-5
Klasifikasi
899.221
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this